Hal-Hal Yang Harus dihindari Ketika Mengkonsumsi Madu

madu asli

Cairan yang diproduksi oleh lebah ini adalah kesukaan semua orang. Rasanya yang manis dan khasiatnya yang banyak adalah daya tarik utama dari cairan ini. Karena menjadi komoditas favorit, tentu bila dijual pasti akan menguntungkan sekali. 

Tetapi anda harus berhati-hati sebelum membeli madu. Jangan hanya membeli madu murah perhatikan juga apakah madu yang anda beli itu adalah madu asli. Karena madu palsu dari bahan sintesis tidak akan memberikan manfaat seperti layaknya madu asli.

Madu yang asli mengandung banyak sekali zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat yang bermanfaat pada madu bisa disimak sebagai berikut:

  1. Karbohidrat. Karbohidrat merupakan kandungan utama dari madu. Sekitar 82% kandungan karbohidrat dalam madu.

  2. Protein dan asam amino. Madu mengandung sejumlah enzim dan 18 jenis asam amino bebas, yang paling banyak adalah dalam bentuk prolin.

  3. Vitamin, mineral, dan antioksidan. Madu mengandung sejumlah vitamin B, yaitu riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, dan vitamin B6, serta mengandung vitamin C. Selain itu juga mengandung mineral, seperti kalsium, zat besi, seng, kalium, fosfor, magnesium, selenium, kromium, dan mangan. Antioksidan dalam madu terdapat dalam bentuk flavonoid, asam askorbat, katalase, dan selenium.

  4. Madu juga mengandung asam organik dan asam aromatik.
Namun mengkonsumsi madu juga tidak bisa sembarangan. Hindari mencampurkan atau menggunakan madu seperti berikut ini
  • Madu tidak boleh dicampur dengan makanan panas.
  • Madu tidak boleh dimasak dan dipanaskan
  • Madu sebaiknya tidak dikonsumsi ketika Anda bekerja di lingkungan yang panas di mana Anda sering terkena panas lebih.
  • Madu tidak boleh dicampur dengan air hujan, makanan panas dan pedas, dan yang difermentasi minuman seperti wiski, rum, dan yoghurt.
  • Madu termasuk hasil nektar dari berbagai bunga yang mungkin beracun. Ketika madu dicampur dengan makanan panas dan pedas, sifat racunnya dapat meningkatkan dan menyebabkan ketidakseimbangan enzim tubuh dan aliran darah manusia.

Selain itu ada baiknya anda mengetahui bagaimana membedakan madu asli dan madu sintetis atau palsu. Karena mengkonsumsi madu sintetis selain tidak memberikan manfaat kepada tubuh anda juga beresiko mengakibatkan Gangguan pada pencernaan, dapat menyebabkan diabetes, dapat Meningkatkan resiko penyakit ginjal dan kanker.

Cara Jitu Membedakan Madu Asli dan Palsu

Mencampurkan Dengan Air

Ini adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah itu asli atau palsu yang termudah. Cara mengetesnya cukup sederhana, siapkan segelas air mineral di gelas kaca. Kemudian masukkan madu ke dalamnya dan diaduk hingga merata. Setelah diaduk, madu asli biasanya tidak akan larut seutuhnya karena madu asli sulit untuk larut dalam air.

Tes Madu Dengan Semut

Cara ini adalah alternatif lain dengan menggunakan bantuan semut, anda dapat mengetahui keaslian madu. Semut akan menolak menyerubungi pada madu yang asli, sedangkan pada yang palsu semut justru sangat menyukainya.

Tes Madu Dengan tissue atau kertas

Menguji keaslian madu dengan menggunakan kertas. Caranya dengan menuangkan satu sendok teh madu ke kertas. Lalu ditunggu selama 5 menit. madu asli tidak akan menyebabkan kertas/ tissue bolong atau sobek karena kandungan airnya sedikit. Sedangkan madu palsu akan merusak kertas tersebut.